Main Article Content

Abstract

Abstrak


Latar Belakang dan Tujuan : Kanker serviks merupakan kanker yang umum terjadi pada wanita dan peringkat keempat sebagai kanker dengan penyebab kematian terbanyak di dunia. Pap smear merupakan metode yang digunakan untuk skrining lesi prakanker serviks. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik gambaran sitologi pap smear sebagai skrining lesi prakanker serviks menurut sistem Bethesda di RSPAL dr. Ramelan Surabaya periode 2020-2021.


Metode Penelitian : Desain penelitian yang digunakan adalah deskriptif metode kuantitatif. Peneliti menggunakan data sekunder berupa rekam medis elektronik (SIMRS) dan hardcopy dengan total 111 sampel. Data yang dilihat antara lain usia, usia pertama kali berhubungan seksual, paritas, riwayat penyakit menular seksual, gejala, dan tipe lesi.


Hasil : Dari total 111 sampel, didapatkan wanita usia ≥ 35 tahun sebanyak 107 orang (96,4%). Usia pertama kali berhubungan seksual terbanyak terjadi pada usia ≥ 20 tahun sejumlah 78 orang (70,3%). Paritas terbanyak pada wanita yang memiliki paritas ≥ 3 anak sebanyak 61 orang (55%). Wanita yang tidak memiliki riwayat penyakit menular memiliki persentase tinggi sebanyak 98 orang (88,3%). Gejala paling banyak dialami yaitu keputihan sebanyak 42 orang. Lesi terbanyak adalah NILM sebanyak 72 orang (64,9%).


Kesimpulan : Pasien yang menjalani pap smear di RSPAL dr. Ramelan Surabaya periode 2020-2021 paling banyak pada usia ≥ 35 tahun, usia pertama kali berhubungan seksual ≥ 20 tahun, paritas ≥ 3 anak, tidak memiliki riwayat penyakit menular seksual, gejala yang sering dialami adalah keputihan, dan hasil pap smear terbanyak yaitu NILM .


Kata kunci: karakteristik, lesi prakanker serviks, pap smear.

Article Details