Main Article Content

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melaporkan diagnosis dan manajemen dari beberapa kasus langka choledochal cyst (CC), kelainan kongenital saluran bilier yang ditangani di Sub Departemen Bedah Digestif RSPAL Dr. Ramelan, Surabaya.


Artikel ini disusun berdasarkan laporan tiga serial kasus CC yang ditangani di Sub Departmen Bedah Digestif RSPAL dr. Ramelan tahun 2018-2020.


Dilaporkan tiga kasus CC pada pasien perempuan: dua kasus pada pasien berusia 20 tahun, dan satu kasus pada pasien berusia 64 tahun. Pada ketiga pasien tersebut ditemukan gejala berupa nyeri abdomen di daerah epigastrium, dua orang dengan ikterus intermiten dan seorang pasien dengan kondisi situs inversus. Hanya seorang pasien  teraba massa di daerah epigastrium. Pada pemeriksaan penunjang dengan USG abdomen, MRCP dan cholangiografi intraoperatif ditemukan gambaran dilatasi kistik choledocus (common bile duct) yang mendukung suatu CC, dan tidak tampak batu di saluran bilier. Pada saat operasi, pada ketiga pasien tersebut ditemukan CC tipe I (klasifikasi Todani tipe I) dengan bentuk fusiformis. Diputuskan dilakukan eksisi CC dan rekonstruksi biliodigestif dengan hepatikojejunostomi Roux-en-Y. Hasil pemeriksaan  patologi anatomi menunjukkan tanda radang dinding saluran bilier dan tidak ditemukan tanda keganasan. Pasca operasi, kondisi ketiga pasien tersebut baik.


CC pada pasien dewasa sering ditemukan dengan gejala yang tidak jelas dan disertai komplikasi. Manajemen CC dengan eksisi dan rekonstruksi biliodigestif hepatikojejunostomi Roux-en-Y berhasil dengan baik.

Article Details