Main Article Content

Abstract

Abstrak

Latar Belakang : Beberapa ibu dengan seorang anak yang memiliki perilaku picky eater tidak mengetahui faktor yang melatarbelakangi perilaku tersebut. Pengetahuan tentang picky eater di Indonesia sangat terbatas dikarenakan penelitian yang dilakukan terkait dengan picky eater masih sangat jarang.


Tujuan : Untuk mengetahui hubungan pola makan ibu saat hamil dengan perilaku picky eater di PG dan RA Muslimat NU 60 Asy-Syuhada Pagerwojo Sidoarjo.


Metode : Jenis penelitian ini adalah analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Adult Eeating Behaviour Questionnaire (AEBQ) dan Child Eating Behaviour Questionnaire (CEBQ). Uji korelasi yang digunakan adalah koefisien kontingensi. Data dianalisis secara statistik menggunakan aplikasi SPSS.


Hasil : Hasil penelitian pada 69 ibu dari anak prasekolah didapatkan 31 ibu (44,9%) memiliki pola makan tidak baik saat hamil dan dari 69 anak didapatkan 36 anak (52,2%) memiliki perilaku picky eater. Berdasarkan hasil uji krostabulasi didapatkan ibu yang memiliki pola makan tidak baik saat hamil dan memiliki anak dengan perilaku picky eater sebanyak 27 orang. Uji korelasi koefisien kontingensi menunjukkan hubungan yang signifikan (p<0,05) antara pola makan ibu saat hamil dengan perilaku picky eater pada anak prasekolah.


Kesimpulan : Prevalensi picky eater pada anak prasekolah cukup tinggi yaitu sekitar 52,2%. Jumlah anak dengan perilaku picky eater masih didominasi dengan ibu dengan pola makan tidak baik saat hamil. Sehingga, terdapat hubungan antara pola makan ibu saat hamil dengan perilaku picky eater pada anak prasekolah di PG dan RA Muslimat NU 60 Asy-Syuhada Pagerwojo Sidoarjo.


Kata kunci : pola makan ibu saat hamil, picky eater, anak prasekolah.

Article Details