Main Article Content

Abstract

Tujuan Penelitian: Gangguan perkembangan dan perilaku pada anak merupakan masalah yang sering ditemukan, namun belum jelas mekanismenya. Penelitian ini bertujuan untuk membahas kaitan antara gangguan perkembangan dan perilaku pada anak dengan gut-brain axis.


Metode : Penelitian literature review ini menggunakan 20 artikel dengan kriteria inklusi artikel yang dipublikasikan di jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional antara tahun 2012-2021, berbahasa Indonesia atau Inggris, dan dapat diakses full text. Artikel didapatkan dari mesin pencari PubMed, Google Scholar dan Cochrane dengan beberapa kata kunci.


Hasil : Konsep gut- brain axis berperan penting dalam pertahanan tubuh. Paradigma gut-brain axis merujuk pada adanya hubungan antara saluran cerna dan otak melalui mekanisme dua arah atau bidirectional, suatu alur homeostasis sistem saraf, hormonal dan sistem imun, yang jika salah satu bermasalah maka dapat menimbulkan ketidak seimbangan diantara ketiganya.


Kesimpulan : Hasil penelitian mendukung keberadaan gut-brain axis, bahwa ada kaitan antara mikrobiota dalam saluran cerna dengan gangguan perkembangan dan perilaku pada anak. Konsekuensi jangka panjang dari gangguan dalam komposisi mikrobiota usus pada awal kehidupan mempengaruhi kondisi kesehatan di masa dewasa.

Article Details