Main Article Content

Abstract

Latar Belakang: Kanker serviks menempeti peringkat 4 didunia dan merupakan penyakit yang memiliki angka mortalitas yang tinggi sekitar 275 ribu kematian di dunia pada tahun 2019. Di Indonesia dalam kurun waktu 5 tahun terakhir kanker serviks menempati urutan peringkat kedua kasus kanker terbanyakpada wanita setelah kanker payudara dengan jumlah kasus baru sebanyak 36.633 dan angka kematian mencapai 21.003 jiwa.
Tujuan: Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui karakteristik dan gambaran histopatologi Ca serviks di RSPAL Dr. Ramelan Surabaya periode Januari 2019 hingga Desember 2021.
Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang menggunakan metode non-probability sampling dengan jenis purposive sampling dari data sekunder rekam medis pasien kanker serviks di RSPAL Dr. Ramelan Surabaya.
Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 130 sampel terdapat beberapa karakteristik penderita kanker serviks, yaitu yang tertinggi berasal dari kelompok usia 40-60 tahun sebesar 66,92%, gambaran histopatologi squamous cell carcinoma sebesar 70,77%, stadium IIIB sebesar 85,38% dan penatalaksanaan kemoradiasi sebesar 69,23%.
Kesimpulan: Jenis kanker serviks berdasarkan histopatologi yang paling sering dijumpai adalah kanker serviks squamous cell carcinoma

Article Details